Apa yang akan kamu lakukan jika menemukan dompet/uang dijalanan???

Pagi ini, ketika pulang dari membeli bohlam di toko elektronik depan kompleks, saya menemukan selembar uang 5.000 terlipat-lipat di jalanan. Spontan saja saya lalu memungut uang tersebut. Apa yang akan saya lakukan selanjutnya dengan uang tersebut? Apakah saya akan membelanjakannya atau memasukkannya ke kotak amal mesjid? :D

Teringat kejadian yang pernah saya alami. Bahwa hukum karma itu ada.. Apa yang kau perbuat akan mendapatkan balasannya. Dan apalagi  Allah SWT telah mengingatkan dalam Al Qur’an bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan akan mendapat balasan dari-Nya, sebagaimana firman-Nya dalam QS. Al Zaljalah : 7-8  “Barang siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar dzarahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa mengerjakan kejahatan sebesar  dzarahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya juga“.

***

Tahun 2009

Hari itu saya dengan kakak saya; Dyla baru saja pulang dari rumah nenek. Seperti biasa untuk mencapai rumah kami harus melewati pasar Antang. Saya yang mengemudikan motor melihat sebuah dompet tergeletak di tengah jalan depan pasar Antang. Entahlah, naluri saya menyuruh saya untuk menepi dan mengambil dompet itu. Niat nya apa? cuma pengen tahu, kali aja masih ada yang bisa saya bantu selamatkan. xixixi... :devil:


Setelah mengambil dompet, saya lalu membukanya. Dan benar saja,, dompet itu masih utuh dengan beberapa lembar pecahan 100.000 & 50.000 beserta berbagai macam kartu dan surat-surat penting lainnya. Sepertinya si pemilik dompet tidak sadar telah menjatuhkan dompetnya. Saya dan kak Dyla lalu membawanya pulang ke rumah. 

Sesampai di rumah saya yang penuh rasa ingin tahu lalu membongkar seluruh isi dompet. Terdapat KTP dan dua buah SIM yang beralamatkan di Bone. Saya bongkar lagi,, Kartu Mahasiswa, pemilik dompet adalah seorang mahasiswa di salah satu fakultas UNHAS. Tapi apa iyya saya harus ke fakultas si pemilik dompet dan bertanya ke Jurusannya untuk mencari tahu nomor teleponnya? Lagi-lagi saya menggeledah hingga bagian terdalam, Saya menemukan secarik kertas yang bertuliskan huruf lontara, entah apa arti dari tulisan tersebut, kalau yang saya pahami ini sepertinya dinamakan "baca-baca" atau "mantra". hahaha,, Saya membacanya dan berarti mantra tersebut akan segera hilang. wkwkwk... Geledah lagi dan akhirnya saya menemukan secarik nota yang berisikan nomor telepon si pemilik dompet. Saya pun segera mengirimkannya sebuah pesan..

"Assalamu'alaikum. merasaki kehilangan barang? Kalau iya, hubungi ka"

Belum cukup 2 menit saya mengirim sms tersebut, tiba-tiba si pemilik dompet menghubungi saya.
"Halo,, halo,, iya,, saya kehilangan dompet, ambil mi semua uang ku tapi minta tolong surat-surat dan kartu nya dikembalikan"

Saya tertawa dan memberitahu dia kalau saya hanya ingin membantu nya, ngapain coba saya menghubungi dia kalau ingin mengambil uang tersebut. Lalu saya pun memberitahukan alamat rumah. Dan si pemilik dompet pun datang mengambilnya.

Beberapa minggu kemudian..

Bapak saya tidak sengaja menjatuhkan dompet di sekitaran Antang. Dan Alhamdulillah yang menemukan dompet tersebut datang membawakan ke rumah tanpa meminta balas budi.

Jadi, jangan pernah berhenti untuk berbuat baik agar kita mendapatkan balasan yang baik juga. Apa yang terjadi pada kita itu adalah cermin dari apa yang kita perbuat ke orang sekitar. ^o^

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.