Hari Ke 26 : Sweet Escape to Lanjukang/Layukang Island

Seperti judul di atas,, Alasan saya mengikuti trip yang di adakan komunitas CS ini awalnya adalah untuk melarikan diri dari penat hati yang berkecamuk *ini ngomong apa? hahaha*. Padahal bulan ini niatnya mau saving untuk trip ke Bali, namun ke-galau-an yang menumpuk di jidat *baca lagi banyak pikiran hati* akhirnya memaksa agar saya cepat cepat bisa refreshing...

Tanpa pikir panjang, saya akhirnya menelpon Kak Cakra untuk menaruh nama saya di list peserta trip. Padahal saya belum meminta izin orang tua & big boss di kantor.. Namun karena kemauan dan keyakinan yang tinggi dan tak lupa restu YMK, akhirnya saya berangkat juga. Hahahayyy...

11 Mei 2013

Meeting point di Paotere Harbour jam 8 teng. Saya dengan menumpangi Silvie nya kak Ikram bersama Nurul, kak Menk dan juga Empunya tiba tepat pukul 8 lewat lewat di Paotere. Sekitar pukul 10.30 akhirnya perahu motor yang kami tumpangi mulai meniggalkan pelabuhan dengan peserta trip 20 orang. Jarak tempuh pulau ini dari Kota Makassar kurang lebih 42 Km dengan waktu tempuh sekitar 2.5 jam.


Taken from here
Pulau ini dihuni oleh 13 KK, konon ceritanya di pulau ini lah perkawinan antara saudara pernah terjadi sehingga genetik penghuni pulau ini terbilang Unik. Memiliki body yang lain dan pendek. Namun sejalan dengan waktu, perkawinan antara saudara ini lagi sudah tidak terjadi lagi *maybe*. Namun yang terjadi adalah perkawinan antara pulau tetangga, yang akhirnya sebagian penduduk di Pulau ini malah terlihat cantik..



Di pulau ini terdapat sebuah sumur yang kalau lagi musim hujan airnya bisa dibilang agak tawar, ada sebuah mesjid, mercu suar yang terkunci dan juga 2 resort pribadi milik pejabat di Makassar. Penduduk disana dilengkapi dengan solar sel sebagai pembangkit listrik nya namun tetap dibantu dengan genset yang BBM nya harus dibeli di Makassar. Begitu pula kebutuhan hidup sehari-hari, penduduk di Lanjukang ini harus membeli beras, sayur di pulau tetangga atau terpaksa harus ke Makassar.
Mercu Suar Copied from here
Resort Pribadi copied from here

Dengan seizin penduduk setempat, akhirnya kami dapat menempati halaman resort yang cukup luas tersebut untuk menggelar tenda, tempat masak masak serta ngumpul-ngumpul peserta trip.

Copied from here


Sore harinya semua peserta sudah siap untuk nyemplung dan snorkling ria. Spot snorkling disana bagus sekali. Coralnya masih sangat terjaga, dan kita harus berhati-hati agar fins gak sampai merusak coral tersebut atau pun kita gak sengaja menginjaknya.


Blue Anemon & Nemo copied from here
Kerang Kima

Setelah prosesi bakar bakar ikan dan makan malam selesai. Malam hari dilalui dengan berbagai cara ada yang bermain kartu, ada yang berendam lagi di laut, ada yang bermain api unggun dan yang paling seru ketika Chef Tomo mendemokan masaknya. Dan seketika semua peserta kelaparan kembali, hahaha....




Oia, satu hal yang paling saya suka malam itu, Putri  memperlihatkan plankton yang bercahaya di pasir. Warnanya biru dan hanya butuh beberapa menit hingga sinarnya padam,, kalau dilangit ada bintang bersinar, Nah,, di pinggir pantai itu kita bisa melihat plankton bersinar. Sayang malam itu sempat hujan rintik-rintik hingga saya, Nurul, Putri, Kak Amad, Zul, & Kifli mengurungkan niat untuk tidur di pinggir pantai.

12 Mei 2013

Dini hari, karena tidak tahan dengan hembusan angin akhirnya saya bertiga memilih untuk pindah tidur di tenda hingga pagi menyongsong. Sayangnya lagi, pagi itu langit tertutup awan sehingga tidak ada pemandangan sunrise. Menunggu ombak agak tenang, lalu kami pun kembali bersnorkling melihat aquarium bawah laut disana.


Namun pagi itu saya tidak sempat ikut dengan kakak² ke spot di bawah ini.. huhuhu...





Hal yang sangat membuat saya sedih lagi, ketika capture foto-foto di Hapeku tidak terbaca semua. hiks hiks... Foto-foto pada postingan kali ini adalah hasil capture beberapa teman, untuk lebih lengkapnya dapat dilihat di sini, di sini dan di sini.


Sampai tiba waktunya untuk pulang. Tepat jam 11 kami meninggalkan pulau tersebut.



Trip kali ini merupakan trip pertama saya nginap di Pulau, pertama kali mencuci ikan di laut, pertama kali snorkling pakai fins pinjaman dari kak Ochank tanpa memakai pelampung, pertama kali melihat plankton. Sangat bersyukur bisa ikut dalam trip kali ini.

Terima kasih kepada Plurker Makassar, Freedive Makassar, Couchsurfing Makassar atas terselenggaranya trip ini.

***

Tonasa Site,
Nyuri-nyuri waktu untuk ngepost..
hehehe




2 komentar:

  1. huaaaa, kerennya pemandangan bawah lautnya... jadi iri, mauka juga belajar berenang dan diving :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu um.. sy sj nyesal nda ke spot yg terakhir. huhuhu..

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.