Ceyra Demam (over heating)

Ceyra ku akhir-akhir ini gampang sakit. Bayangkan 6 hari panasnya naik turun. Ingin rasanya segera ku kompres dia dengan air es, memberinya obat penurun demam, memeriksanya ke Dokter, diberi suntik atau bahkan di impus agar cepat sembuh dan kembali normal.  Sayangnya, itu hanya khayalanku saja, Ahhh... seandainya dia ini manusia, sudah kutanya dari awal apa keluhannya  >.<"

***

Beberapa akhir ini saya sering mengalami shocktherapist. Syukurlah saya bukan pengidap penyakit jantungan hingga tiap kejadian buruk yang saya alami tidak membuat saya langsung pingsan. Ini menyangkut keadaan si Ceyra, laptopku yang kubeli dengan duit pribadiku sendiri dari hasil tabunganku sejak kecil. Sudah kujaga dia dengan sepenuh jiwa dan raga. Melindunginya dengan sekuat tenagaku namun akhirnya dia jatuh sakit juga. Ceyra-ku Demam. akhir-akhir ini dia suka mati (tershutdown sendiri) ketika saya sedang asyik-asyiknya mengerjakan tugas akhirku. Awalnya ku kira dia hanya ngambek dengan kerjanya terlalu terforsir olehku. Bahkan terkadang kubiarkan ia tak beristirahat seharian. Namun akhirnya ketika saya terpaksa beralih pindah program simulasi dari Visual Basic ke Opnet yang memaksanya untuk di instal kembali karena tidak kompatible dengan OS yang kupakai saat itu, dia menunjukkan gejala-gejala yang tak seperti biasanya dan membuatku ingin menangis.

Tepatnya jumat lalu, 1 Juli, seperti biasa aku kembali menginstal sendiri si Ceyra. Namun, banyak masalah yang terjadi, entah itu CD ROOM Ceyra yang tak terbaca dengan baik, CD Installernya yang tidak terburning dengan baik hingga 5 CD Installer ku burning tidak berhasil, ataukah mungkin hardisknya yang bermasalah, mengalami badsector. Sampai akhirnya si Ceyra kembali tershut down sendiri dengan suhu yang tidak sewajarnya. Tiga hari kulalui sendiri, berpusing ria di rumah, mengeluh di teman² yang menyapaku di chat. Hingga akhirnya saya pasrah dan meminta saran kepada beberapa orang yang ahli dalam bidangnya.

Setelah bertanya sana sini, akhirnya kak Arya menawarkan diri untuk membantu saya mengoperasi jiwa si Ceyra. Awalnya, berhasil sampai ditahap instalasi Drive C, namun tiba-tiba si Ceyra kembali mati. Dinyalakan lagi, mati lagi, begitu seterusnya. Sampai akhirnya saya memilih untuk pulang dan menitipkan ke Dokter Arya untuk memeriksa jiwa Ceyra. Mungkin saja jiwanya sedang terguncang dengan tugas akhir yang dia kerjakan. hahahaha.. -_-"


Esok paginya, saya dapat kabar dari dokter Arya. Alhamdulillah OS XP SP 2 akhirnya bisa terinstal di Ceyra. Berhubung dokter Arya harus masuk kerja, akhirnya dokter muda Darko yang melanjutkan operasi jiwa si Ceyra. Setelah berbincang-bincang dengan Darko, katanya laptopnya pernah mengalami hal yang sama dengan Ceyra, tetapi setelah ia mengganti pastanya, laptopnya akhirnya kembali sehat. Sepertinya patut dicoba.

Tidak sampai sehari, Ceyra kembali menunjukkan keanehannya. Ketika saya sendang menginstal program Opnet yang cukup sulit bagi orang awam kayak saya, Ceyra kembali mati ditengah-tengah proses instalasi. Suhu tubuhnya sangat tinggi, rasanya pengen nangis saat itu juga. Untungnya ada kak Dirham yang akhirnya membantu menginstal program Opnetku. Dan anehnya, berhasil tanpa mati. Errrrrr.... Ini Ceyra mati kiri atau apa sih? >.<"

Dan lagi-lagi jika Ceyra berada ditanganku, dia selalu menunjukkan suhu badan yang sangat panas yang kata kak Amad ini dinamakan over heating. Suhu processor yang berlebihan yang menyebabkan laptop sering mati sendiri, dan kalau tidak segera diatasi umur Ceyra tidak akan lama lagi. Akhirnya dengan bantuan software HWMonitor yang kudownload dari sini. Ternyata suhu processor Ceyra sangat tinggi berkisar 77-80ÂșC ini harus segera diatasi.

 Satu pelajaran penting, sebaiknya mencatat suhu processor, kecepatan perputaran kipas dll yang berhubungan dengan hardware yang terpakai ketika laptop bekerja dalam kondisi normal dan tidak ada masalah. Untuk dibandingkan jika suatu saat laptop mengalami penurunan kinerja. sebelumnya karena saya tidak pernah memperhatikan soal itu, sampai harus memakai laptop lain yang sama untuk dijadikan pembanding. Hal yang sangat kecil dan sederhana dan mungkin bisa diselesaikan sendiri. dan kalau diserahkan ke tempat service, pasti biaya yang dikeluarkan bisa berkali-kali lipat. (Kutipan dari blog seseorang) 

Jumat nanti, Ceyra akan benar-benar di operasi (bongkar total). Semoga operasinya berhasil dan Ceyra kembali sehat. Amin

***
Ruang tamu, July, 7 2011 03.44 a,m
special thanks untuk kak Arya, Darko, kak Dirham dan kak Amad

Tengkyu so much for your help \(´▽`)/

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.